Pergilah ! Wartakanlah Injil !

Fr. Leonardo Hendra Bernanda

        Saudara-saudari yang terkasih, hari ini kita diajak untuk menyadari bahwa kita adalah murid-murid Yesus, dimana kita diutus untuk menjadi seorang pewarta kebaikan. Dalam bacaan Injil pada hari ini mengingatkan kita akan tugas perutusan kita, yaitu “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.” Ayat ini menyadarkan kita bahwa kita memiliki sebuah tugas atau misi untuk mewartakan kepada semua orang. Apa yang kita wartakan? Jawabannya adalah mewartakan kebaikan atau mewartakan Injil Tuhan kita Yesus Kristus. Mewartakan tidak harus diungkapkan dengan kata-kata saja, akan tetapi bisa diungkapkan dengan tindakan-tindakan dan sikap-sikap kita.

          Di sisi lain, kita juga harus menyadari bahwa kita adalah murid-murid Yesus, dimana kita juga memiliki tugas perutusan untuk mewartakan iman kita akan Yesus Kristus. Di zaman yang modern ini, kita diberi sarana-sarana yang baik dan canggih, sehingga dapat menjadi sarana bagi kita untuk mewartakan. Media-media sosial yang semakin berkembang dan semakin maju memudahkan kita untuk mewartakan Injil. Di sisi lain, kita juga harus menyadari bahwa, di zaman ini kita berhadapan dengan tantangan-tantangan yang terkadang membuat iman kita goyah. Akan tetapi, dari hal inilah justru menjadi kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita memiliki iman yang kuat.

       Yesus Kristus semasa hidup-Nya juga menghadapi tantangan-tantangan, dan terkadang tantangan-tantangan tersebut mempertaruhkan nyawa-Nya, akan tetapi Ia tetap terus mewartakan. Sekarang menjadi tugas kita untuk menjadi pewarta Allah atau pewarta Injil. Pada hari ini kita juga memperingati Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Tentu sebelum Ia naik ke Surga, Yesus telah menyerahkan secara penuh tugas-tugas-Nya kepada para murid. Kenaikan Yesus ke Surga menjadi semangat dan kekuatan bagi kita untuk terus mewartakan Injil.

          Dari hal ini, saya mengajak saudara-saudari sekalian, bahwa kita sebagai murid-murid Yesus, marilah kita menjadi seorang pewarta yang baik sehingga orang lain mendapat keselamatan. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang bagus atau dengan cara-cara yang heroik, walaupun cara-cara tersebut juga baik untuk dilakukan, melainkan dengan tindakan kita dan sikap kita yang mencerminkan Tuhan Yesus Kristus. Terlebih dalam situasi yang tidak menentu ini. Maka dari itu, mari kita bangkit untuk menghadapi tantangan-tantangan zaman dengan menjadi pewarta dan saksi-saksi Kristus. Ingatlah Ia akan menyertai kita sampai akhir zaman.

Sumber gambar : https://catatanseorangofs.files.wordpress.com/2016/07/yesus-mengutus-misi-yang-duabelas.jpg

 

 

Switch Language >>